10 Tips Jitu Agar Anda Bisa Berhenti Merokok

adsense 336x280 Tips berhenti merokok - Merokok adalah kesenangan yang tak tertandingi bagi beberapa orang. Bahkan bagi perokok berat bahkan tidak makan apapun asalkan bisa merokok. Kelihatannya aneh, saat makan merupakan kebutuhan alami manusia dan merokok bukanlah kebutuhan manusia sama sekali.

Di antara banyak perokok itu sendiri, mereka umumnya ingin berhenti merokok, namun belum melakukan langkah konkret untuk melakukannya. Entah itu tidak diketahui bagaimana atau karena tidak kuat menahan godaan orang yang merokok.


Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Perindustrian, jumlah perokok semakin meningkat. Data untuk perokok berusia di atas 15 tahun tercatat 34,7 persen pada tahun 2010 dan meningkat menjadi 36,3 persen pada tahun 2013.

Dari jumlah tersebut, 20,3 persen adalah perokok aktif, yang menyumbang 40 persen perokok dan 3 persen wanita. Yang mengejutkan di tahun 2011, 78,4% anak-anak di Indonesia terpapar asap rokok kedua di rumah dan 85,4% terkena asap rokok di tempat umum. Bagaimana generasi kita bisa pintar jika masih terkena asap rokok.

Kemudian sadari untuk Anda yang masih merokok, dan bagi Anda yang tidak merokok ingatkan orang di sekitar Anda (yang merokok) untuk mulai berhenti mengisap racun secara perlahan. Untuk memberi Anda lebih banyak wawasan tentang memulai berhenti merokok, inilah tipnya.

1. Berpikir positif

Anda telah berhenti merokok dan sangat ingin menghentikannya. Tapi mulai sekarang, pastikan diri Anda sendiri bahwa Anda bisa melakukannya.

Berpikir positif bahwa Anda tidak akan mati jika Anda berhenti merokok. Tubuh Anda akan lebih sehat jika Anda berhenti merokok.

Orang-orang di sekitar Anda akan memuji Anda karena Anda telah berhasil melawan diri Anda sendiri. Jadi mulailah berpikir positif.

Baca juga:


2. Atur rencana penghentian merokok

Niat tidak cukup, Anda butuh rencana yang jelas saat Anda berhenti merokok. Tetapkan tanggal Anda benar-benar akan mulai berhenti merokok.

Jangan berhenti segera tidak menjadi masalah, penting agar ada langkah konkret untuk mengurangi maka benar-benar berhenti. Jadikan itu seolah-olah itu adalah janji yang benar-benar perlu Anda jaga.

Jika Anda biasanya menunda pekerjaan Anda untuk merokok, mulailah pada tanggal tersebut jangan menunda tindakan apapun untuk tetap fokus pada mulai merokok.


3. Ubah makanan Anda

Setelah makan, sekarang saatnya bagi perokok untuk benar-benar menikmati semua asap yang masuk ke mulutnya. Bahkan penelitian yang dilakukan di AS menyatakan bahwa beberapa makanan akan mampu memotivasi perokok untuk merokok lebih banyak berasap.

Salah satu dari sedikit makanan adalah daging dan segala jenis perawatan. Lalu perlahan mulailah mengganti diet Anda dengan lebih banyak sayur atau buah. Karena setelah makan sayur atau buah, kenikmatan merokok akan berkurang.

4. Ganti minuman Anda

Pencarian yang sama untuk kenikmatan merokok setelah makan juga mengatakan hal yang sama tentang minuman. Beberapa minuman akan merangsang kenikmatan merokok setelah meminumnya. Minumannya adalah alkohol, minuman ringan, teh dan kopi.

Jadi saat Anda sudah mulai berhenti merokok, hindari minuman tersebut. Karena saat Anda meminumnya, keinginan merokok akan tampak begitu kuat sehingga Anda harus memiliki keinginan yang lebih kuat untuk menahannya.

Anda bisa mengganti minuman Anda dengan jus buah atau air mineral. Ini akan membuat tubuh Anda sehat dari minum kafein dan zat berbahaya.


5. Tentukan keinginan Anda untuk merokok

Menurut penelitian, keinginan bertahan selama lima menit. Begitu pula saat Anda ingin merokok. Selama lima menit timbul keinginan, rujuk diri Anda untuk hal-hal yang lebih positif.

Anda bisa berjalan untuk melupakan keinginan Anda, Anda bisa berolahraga, melakukan hobi atau bahkan memikirkan segala macam efek buruk saat merokok.

Seperti lima menit dari keinginan Anda, Anda bisa mengetahui efek berbahaya dari merokok, mulai dari kanker, cacat dan sebagainya. Mengetahui jenis kanker apa yang bisa disebabkan oleh perokok, mengetahui apa impotensi dan mengetahui semua efek negatif tubuh.

6. Carilah dukungan

Olahragawan yang berpacu hanya membutuhkan dukungan masyarakat, tapi dia sudah profesional dan profesional dalam olah raga. Seperti Anda, mintalah dukungan agar lebih kuat daripada merokok lagi.

Anda bisa bertanya kepada teman atau keluarga Anda atau mungkin kenalan Anda yang berhasil berhenti merokok. Dukungan dari orang yang anda sayangi akan lebih termotivasi untuk tidak merokok lagi.

7. Latihan

Sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa dengan berolahraga saat berjalan atau hanya peregangan Anda dapat mematahkan keinginan Anda untuk kembali merokok.

Alasannya adalah olahraga bisa mengurangi keinginan seseorang dan bisa membantu otak menghasilkan bahan kimia anti-nostalgia.


8. Temukan teman yang bukan perokok

Asosiasi Anda menentukan apakah Anda tidak bisa berhenti merokok atau tidak. Jika lingkungan Anda adalah seorang perokok, maka tidak mungkin bagi Anda untuk berhenti merokok, terutama jika Anda adalah perokok berat.

Carilah teman atau asosiasi yang tidak merokok. Bila perlu orang-orang ini tidak menyukai rokok sehingga akan lebih mudah berhenti merokok. Saat mewawancarai teman Anda yang memiliki keinginan yang sama, maka mintalah untuk mulai berhenti merokok bersama.

Sering bertukar artikel tentang bahaya merokok, dampak negatif rokok pada orang-orang di sekitar lingkungan dan dampak negatif pada keuangan Anda.


9. Bust tangan dan mulut Anda

Jika biasanya Anda memegang rokok, ganti rokok dengan jerami. Bila Anda ingin minum, tangan biasanya Anda gunakan untuk menggunakan asap untuk menahan gelas dan gunakan sedotan jerami untuk rokok biasa Anda.

Terus lakukan hal ini terutama saat nostalgia muncul sehingga kebiasaan tersebut akan menggantikan kebiasaan merokok.


10. Cantumkan alasan mengapa Anda berhenti merokok

Cantumkan alasan mengapa Anda berhenti merokok. Gunakan tulisan yang lebih besar untuk bagian utama Anda. Mungkin karena masalah keuangan, tubuh tidak mulai berjalan kuat, atau bisa juga karena keinginan keluarga dan teman.

Tempelkan menu ke kamar Anda, letakkan daftar yang terlihat saat Anda bangun, dan akan memberi Anda steroid yang merasa bersalah saat Anda melanggar alasan yang Anda buat sendiri. https://vigpowercapsule2.blogspot.com adsense 336x280

1 Response to "10 Tips Jitu Agar Anda Bisa Berhenti Merokok"